Software Tutorial Game Komik Other

Minggu, 17 Maret 2013

Tips Mengurangi Memory Usage Pada Browser Mozilla Firefox


Sebagai pengguna Mozilla Firefox , tentunya kita sudah percaya akan keamanan , kecepatan dan kehandalan browser yang satu ini dalam menjelajahi dunia maya . Karena dengan dukungan komunitas dunia maya yang besar , sehingga Mozilla Firefox menjadi satu-satunya Browser Internet terpopuler saat ini.

Akan tetapi Mozilla Firefox adalah salah satu browser yang bisa dikatakan sangat boros memory , ini dikarenakan banyaknya fitur-fitur tersedia di Mozilla Firefox yang setiap fiturnya memakan memori cukup besar lalu bagaimana kalo kita gemar pasang fitur tersebut berlebihan, sebut saja add ons.. pemasangan fitur yang berlebihan pasti akan berpengaruh pada kapasitas memori. Jumlah besar memori yang terpakai dari add-ons itu sendiri juga bervariasi, seperti Firebug dan AdBlock Plus . Firebug memperlambat Firefox pertama kali startup sebesar 74 persen, sedangkan menjalankan AdBlock Plus akan memperlambat waktu start up sebesar 21 persen.

Oleh karena itu , saya akan coba membagikan tips untuk mengurangi beban pemakaian memori pada Mozilla Firefox .

1. Buka firefox, kemudian ketikkan about:config pada Address bar .
 
2. Click tombol I'll be careful, I promise Jika muncul pesan berikut :

3. Jika console konfigurasi firefox sudah muncul, maka ketikkan browser.cache.memory.enable pada kotak Filter: dan pastikan bahwa sintak ini bernilai TRUE (value: true) .

4. Kemudian kita tambahkan satu sintak untuk menentukan besarnya jumlah cache memory yang akan digunakan untuk menjalankan firefox . Caranya : Click-kanan pada sembarang tempat, kemudian pilih New - Integer.

5. Isi dengan mengetikkan sintak browser.cache.memory.capacity, kemudian OK.

6. Kemudian kita harus mengisi nilai (value) dari sintak yang baru dibuat tadi dengan menentukan besarnya ukuran memori yang akan diberikan untuk firefox.

7. Lihat table berikut untuk mengisikan nilai pada sintak diatas, sesuai kondisi RAM di komputer anda : 

8. PENTING : Jika kita ingin mengembalikan nilai cache memory ke konfigurasi semula/men-disable sintak browser.cache.memory.capacity ini, maka cukup isikan -1 (minus 1) pada nilai/value sintak tersebut .

Meminimalkan/menghemat penggunaan memori pada saat Firefox di Minimize

1. Masih pada console konfigurasi firefox, click-kanan disembarang tempat, kemudian pilih New - Boolean

2. Kemudian ketikkan config.trim_on_minimize dan click OK.

3. Pilih opsi True pada kotak dialog nilai boolean dari config.trim_on_minimize. kemudian click OK.

4. Dan yang terakhir , Restart Firefoxnya .



Semoga Bermanfaat :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar